HIMAGRETO on Indonesia Climate Change Education Forum & Expo (ICCEFEE)

himagreto icfee2016

(18/04/2016) Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi IPB (HIMAGRETO) melalui informasi dari Himpunan Mahasiswa Meteorologi Indonesia (HMMI) dan juga undangan panitia pelaksana, mengikuti acara Indonesia Climate Change Education Forum & Expo (ICCEFEE) di Balai Pertemuan, Jakarta Convention Center (JCC). Acara tersebut merupakan forum dan pameran perubahan iklim pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) semenjak tahun 2011. Pameran yang berlangsung selama 14-17 April 2016 tersebut bertujuan untuk mempromosikan kemajuan aksi perubahan iklim di Indonesia dari seluruh pemangku kepentingan dalam solusi perubahan iklim dari berbagai sektor menuju pembangunan rendah emisi karbon. Pembicara forum merupakan perwakilan pemerintah, pembuat kebijakan, peneliti lingkungan, pelaku bisnis, dan para ahli lainnya tentang penerapan dan penelitian terbaru yang berkaitan dengan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di berbagai sektor.

Ketua HIMAGRETO , Hudzaifah Lilo Pambudi, yang hadir pada hari pertama dan hari terakhir The 6th ICCEFEE tersebut mengaku senang atas adanya acara tersebut, selain bagus dan menarik juga mengedukasi banyak orang soal perubahan iklim. Forum dan seminar memberi kesempatan untuk bertukar pandangan dan pengalaman mengenai pembaharuan isu perubahan iklim nasional dan global. Terkait adanya acara ini, Lilo berharap semua elemen yang terlibat mampu menyebarkan informasi karena semua orang sama-sama bertanggung jawab atas perubahan iklim baik pemerintah, pakar industri, peneliti, komunitas pemerhati lingkungan, maupun pelajar sehingga solusi atas perubahan iklim dapat berupa gerakan nyata bukan sekadar ucapan atau ide, “kita hidup di bumi dan langit yang sama, maka hal kecil apaun yang kita lakukan untuk bumi ini akan berpengaruh ke seluruh umat manusia. Tinggalkanlah tempat yang nyaman untuk anak cucu kita hidup nanti, selamatkanlah bumi, jika tidak bisa selamat dimana lagi manusia bisa hidup?”
Lilo juga menambahkan harapannya bahwa HIMAGRETO dapat memanfaatkan acara ini untuk menambah koneksi maupun menjaga silaturahmi.
(Sumber : HIMAGRETO)