Ekspedisi HIMAGRETO ke Desa Pulosari

IMG 0754

(10/09/2016) HIMAGRETO (Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi) dari divisi SosLing (Sosial dan Lingkungan) beserta mahasiswa Geofisika dan Meteorologi angkatan 50 dan 51 Institut Pertanian Bogor mengadakan kegiatan sosial pertanian dan edukasi yaitu XPDC (EKSPEDISI) ke beberapa daerah di desa Pulosari, Kecamatan Bandung, Jawa Barat. Kegiatan sosial dan edukasi di desa Pulosari dilaksanakan tanggal 23 Agustus sampai 25 Agustus 2016. XPDC merupakan kegiatan mahasiswa yang bisa menjadi wadah bagi petani-petani di desa Pulosari agar tidak salah pengertian dalam memanfaatkan informasi iklim untuk kebutuhan bertani. Kegiatan XPDC yaitu kegiatan pengkajian dan penyuluhan yang mencangkup kejadian-kejadian atau masalah yang mempengaruhi iklim atau sebaliknya iklim yang mempengaruhi kehidupan masyarakat, terutama masyarakat di Desa Pulosari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Terdapat berbagai rangkaian kegiatan selama empat hari di desa Pulosari. Rangkaian kegiatan XPDC diawali dengan melakukan  wawancara petani ke beberapa daerah yang tersebar di desa Pulosari.

Mahasiswa dibagi menjadi 20 kelompok dengan daerah yang berbeda agar diketahui berbagai permasalahan yang dihadapi petani di desa Pulosari. Setelah mengumpulkan informasi dari petani, mahasiswa mengolah data untuk selanjutnya dapat dirumuskan permasalahan yang dihadapi oleh para petani. Hari kedua, dilakukan kegiatan FGD (Focus Group Discussion).

Forum dihadiri oleh beberapa ketua kelompok tani di desa Pulosari dan Profesor Rizaldi Boer sebagai fasilitator di dalam forum diskusi. FGD tersebut memberikan kesempatan bagi petani untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi serta mencarikan solusi alternatif. Hasil FGD tersebut memberikan kesepakatan bahwa petani dan CCROM bekerja sama untuk membangun alat-alat meteorologi yaitu pengukur curah hujan dan kelembaban yang tersebar di lima titik di desa Pulosari yaitu daerah Kiera Sanding, daerah Dandang, daerahCurah Cinangsi, daerah Danosari dan daerah Situ Cileunca.

Kegiatan selanjutnya, mahasiswa-mahasiswi Geofisika dan Meteorologi melakukan kunjungan kegiatan belajar ke SDN Mulyasari. Murid-murid di SD Mulyasari, khususnya murid kelas 4, diajarkan untuk mencintai lingkungan. Edukasi-edukasi yang diberikan mahasiswa berupa video dan games di tiap posnya. Kegiatan kunjungan ke SD Mulyasari ditutup dengan mengenalkan murid-murid kelas 4 menanam tanaman hias menggunakan hydrogel. Rangkaian kegiatan XPDC ditutup dengan kunjungan ke kawah putih yang berada di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (Zultami Ardiani)
(Sumber : HIMAGRETO)

Himagreto-Desa Pulosari (1)Himagreto-Desa Pulosari (2)Himagreto-Desa Pulosari (3)