Himagreto Ajak Siswa SMA Amati Kualitas Udara di Kegiatan Haze : Minimizing Pollution in New Year Hype

WhatsApp Image 2020-01-22 at 13.47.071Departemen Geofisika dan Meteorologi (GFM), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB) bersama Center for Climate Risk and Opportunity Management (CCROM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB mengadakan kegiatan pengamatan kualitas udara pada tanggal 29 Desember 2019 – 2 Januari 2020 di Kota Bogor, Jawa Barat.
“Kegiatan pengamatan kualitas udara Kota Bogor pada pergantian tahun 2020 dilakukan selama 5 hari, yaitu dari tanggal 29 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Pengambilan data dilakukan dengan dua metode, yaitu pengamatan di 2 titik (Tugu Kujang dan Kebun Raya Bogor) dan pengambilan data secara mobile mengelilingi bebera jalur Kota Bogor yang dapat merepresentasikan wilayah Kota Bogor keseluruhan”, jelas Bryandanu Oktanine selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

Bryandanu juga menambahkan bahwa pengamatan kualitas udara di sekitar Tugu Kujang dilakukan selama 24 jam non-stop oleh mahasiswa GFM secara ber-shift setiap 6 jam. Hal ini dilakukan guna memotret monitor observasi kondisi atmosfer dan konsentrasi polutan di sekitar Tugu Kujang yang dilintasi oleh banyak kendaraan bermotor.

Selain itu, untuk memeriahkan rangkaian pengamatan maka Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto) menyelenggarakan kegiatan Haze : Minimizing Pollution in New Year Hype yang turut mengundang siswa-siswi SMA/Sederajat  se-Bogor.

“Himagreto juga turut mengundang siswa-siswi SMA/Sederajat se-Bogor untuk ikut serta dalam pengamatan kualitas udara ini, tepatnya pada tanggal 31 Desember 2019 sekitar pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB. Kegiatan diawali dengan CCROM Tour untuk memperkenalkan instrumen meteorologi yang terdapat di CCROM, kemudian dilanjutkan dengan permainan interaktf tentang iklim dan cuaca”, ujar Ardi selaku Ketua Himagreto.

“Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan Haze di tengah rangkaian pengamatan yaitu menyediakan sarana pembelajaran bagi siswa-siswi SMA/Sederajat tentang pencemaran udara, sekaligus memperkenalkan keilmuan GFM sebagai salah satu jurusan yang terdapat di IPB”, imbuh Ardi.

Selaku peserta di kegiatan haze, Panca yang merupakan siswa dari MAN 1 Bogor mengatakan bahwa ia medapatkan pengetahuan baru tentang cuaca, iklim, dan kualitas udara yang sebelumnya ia tidak ketahui. Sementara itu, Kamila yang merupakan siswi dari SMAN 2 Cibinong  juga menyampaikan harapannya semoga Kota Bogor mempunyai solusi untuk memecahkan masalah polusi udara dengan adanya IPB University.

Kegiatan Haze yang diikuti oleh 30 siswa-siswi SMA/Sederajat ini ditutup dengan foto bersama mengenakan kaos Haze, serta pembagian merchandise IPB dan sertifikat sebagai peserta Haze : Minimizing Pollution in New Year Hype.

kegiatanhimagreto(3)kegiatanhimagreto(4)kegiatanhimagreto(1)kegiatanhimagreto(2)